Referensi SOP Pembahasan Umpan Balik dari Pelanggan (Untuk UKM) Bab 4

Berikut ini adalah referensi di bab 4 yaitu tentang pembahasan umpab balik dari masyarakat. Silahkan sesuaikan dengan daerah masing masing atau kebiasaan masing masing dalam melaksanakan pembahasan umpan balik.

Pengertian
Pembahasan umpan balik adalah kegiatan menganalisa hasil umpan balik dari masyarakat berupa informasi, keluhan, saran dan masukan untuk dapat disusun rencana tindak lanjut pemecahan masalah dan dipergunakan sebagai perbaikan kinerja di masa yang akan datang.

Tujuan
Sebagai acuan penerapan langkah-langkah dalam melaksanakan pembahasan umpan balik dari masyarakat maupun sasaran upaya.

Kebijakan

  • Surat Keputusan  Kepala  Puskesmas No ........ Tahun ....... Tentang Media Komunikasi Yang Digunakan Untuk Menangkap  Dan Memberikan Umpan Balik  Terhadap Keluhan Masyarakat Atau Sasaran Kegiatan Upaya Kesehatan Masyarakat.


Referensi
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

Langkah-langkah

  • Petugas penanggungjawab upaya mengumpulkan data umpan balik dari masyarakat,
  • Petugas penanggungjawab upaya menyampaikan hasil umpan balik dari masyarakat kepada seluruh pelaksana dan Kepala Puskesmas dalam rapat apel pagi atau pertemuan minilokakarya,
  • Petugas pelaksana bersama-sama dengan penanggungjawab upaya dan Kepala Puskesmas membahas alternatif pemecahan masalah,
  • Kepala Puskesmas menetapkan pemecahan masalah,
  • Kepala Puskesmas bersama penanggungjawab upaya menetapkan perbaikan rencana dan/atau pelaksanaan kegiatan.


Unit Terkait

  • Kepala Puskesmas
  • Penanggungjawab UKM
  • Pelaksana Program
  • Bina Wilayah


0 Response to "Referensi SOP Pembahasan Umpan Balik dari Pelanggan (Untuk UKM) Bab 4"

Post a Comment