Referensi SOP Harapan dan Kebutuhan Pelanggan / Masyarakat Akreditasi Puskesmas

Sedikit lagi kami beirkan SOP mengenai identifikasi harapan dan kebutuhan masyarakat terhadap program di BAB 4.1

Pengertian
Identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap upaya kesehatan masyarakat program kesehatan lingkungan adalah kegiatan mencari segala sesuatu yang dibutuhkan masyarakat terhadap kesehatan lingkungan.

Tujuan
Sebagai acuan penerapan langkah-langkah untuk menangkap kebutuhan dan harapan masyarakat guna perbaikan kerja kegiatan program kesehatan lingkungan.

Kebijakan
Surat Keputusan  Kepala  Puskesmas  No ......... Tahun ........ Tentang Media Komunikasi Yang Digunakan Untuk Menangkap Kebutuhan Masyarakat.

Referensi
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

Langkah-langkah
  1. Survei Mawas Diri (SMD)/Musyawarah Masyarakat Desa (MMD
  2. Petugas melatih kader Kelurahan siaga untuk melakukan SMD,
  3. Petugas mendampingi kader Kelurahan siaga dalam menyusun instrumen (kuesioner) SMD,
  4. Petugas mendampingi kader Kelurahan Siaga dalam melaksanakan survei,
  5. Petugas mendampingi Masyarakat dalam pelaksanaan Musyawarah Masyarakat Desa untuk menganalisa hasil SMD,
  6. Petugas mendampingi Masyarakat dalam menyusun pemecahan masalah berdasarkan hasil survei,
  7. Petugas mendampingi masyarakat dalam evaluasi kegiatan SMD/MMD dan menyusun rencana tindak lanjut hasil SMD/MMD.
  8. Survei harapan dan kebutuhan masyarakat terhadap kegiatan Upaya Kesehatan Masyarakat
  9. Petugas membuat kuesioner untuk menangkap harapan dan kebutuhan masyarakat,
  10. Petugas menyebar kuesioner,
  11. Petugas mendampingi responden ketika mengisi kuesioner,
  12. Petugas dan Penanggung jawab UKM menganalisa hasil kuesioner,
  13. Petugas dan Penanggungjawab menyusun rencana kegiatan berdasarkan prioritas masalah.
  14. Kotak Saran
  15. Temu Muka
  16. Survei Kepuasan Pelanggan
  17. Angket Untuk mendapatkan Masukan Dari Masyarakat


Unit Terkait
Kepala Puskesmas
Penanggungjawab UKM
Penanggungjawab Program Kesehatan Lingkungan
Forum Kelurahan Siaga
Kecamatan
Kelurahan

0 Response to "Referensi SOP Harapan dan Kebutuhan Pelanggan / Masyarakat Akreditasi Puskesmas"

Post a Comment