Berkut ini contoh KAK, kerangka acuan kegiatan UKM terhadap Harbut masyarakat terhadap program , bisa menjadi referensi untuk anda.
KERANGKA ACUAN
IDENTIFIKASI KEBUTUHAN DAN HARAPAN
MASYARAKAT
TERHADAP PROGRAM PUSKESMAS
I.
PENDAHULUAN
Puskesmas merupakan Pusat Kesehatan Masyarakat yang juga membina peran
serta masyarakat disamping memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu
kepada masyarakat di wilayah kerjanya dalam bentuk kegiatan pokok. Puskesmas mempunyai wewenang dan
tanggungjawab atas pemeliharaan kesehatan masyarakat dalam wilayah kerjanya.
Kegiatan-kegiatan
dalam setiap Upaya
Kesehatan Puskesmas disusun oleh Kepala Puskesmas dan
penanggungjawab program tidak hanya mengacu pedoman atau acuan yang sudah
ditetapkan oleh Kementrian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi, maupun Dinas
Kesehatan Kota tapi juga perlu memperhatikan kebutuhan dan harapan masyarakat
terutama sasaran program.
Kebutuhan
dan harapan masyarakat maupun sasaran progran dapat diidentifikasi melalui
survey, kotak saran, maupun temu muka dengan tokoh masyarakat. Komunikasi perlu
dilakukan untuk menyampaikan informasi tentang program kepada masyarakat,
kelompok masyarakat maupun individu yang menjadi sasaran program.
II.
LATAR
BELAKANG
Kebutuhan masyarakat akan program kesehatan
yang baik cenderung mengalami perubahan seiring dengan perubahan pola hidup dan
kejadian penyakit. Seiring dengan perbaikan derajat kesehatan dan lingkungan,
telah terjadi pergeseran penyebab kesakitan terbesar di banyak daerah dari
penyakit infeksi menjadi penyakit degeneratif. Perubahan permintaan tersebut
memiliki dampak yang cukup besar terhadap manajemen Puskesmas..
Puskesmas harus memiliki suatu
mekanisme untuk memantau permintaan masyarakat secara teratur karena perubahan
permintaan masyarakat akan berdampak terhadap pelayanan yang diberikan oleh
Puskesmas. Puskesmas harus tanggap terhadap perubahan lingkungan yang cepat dan
terbuka terhadap perubahan kebutuhan dan harapan masyarakat.
Identifikasi kebutuhan dan harapan
masyarakat terhadap program Puskesmas sangat diperlukan untuk mengetahui
kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap program Puskesmas, sehingga tujuan
dari program Puskesmas dapat tercapai tepat sasaran.
III.
TUJUAN
A.
Tujuan
Umum
Mengetahui/mengidentifikasi kebutuhan
dan harapan masyarakat terhadap program Puskesmas Sukamandar.
B.
Tujuan
Khusus
1.
Mendefinisikan
kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap program Puskesmas
2.
Mendapatkan
informasi program yang paling dibutuhkan oleh masyarakat
3.
Mengetahui
program yang sudah/belum sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat
4.
Mendapatkan
masukan tentang program yang dibutuhkan masyarakat, tapi belum ada dalam
rencana kegiatan program
5.
Membuat
rencana tindak lanjut hasil pembahasan kebutuhan dan harapan masyarakat
IV.
KEGIATAN
POKOK DAN RINCIAN KEGIATAN
A.
Pengumpulan
informasi melalui kotak saran,
1. Koordinator
kelompok kerja administrasi dan manajemen (admin) Puskesmas Sukamandar membuka
kotak saran di Puskesmas Sukamandar setiap bulan,
2. Koordinator
admen merekap isi kotak saran didalam rekapan harapan pelanggan Puskesmas Sukamandar,
3.
Koordinator
admen memisahkan/ memilah- milah sesuai dengan kelompok kerja proram,
4.
Koordinator
admen memberikan rekapan kotak saran sesuai dengan kelompok kerja,
5. Koordinator
program Puskesmas Sukamandar menerima rekapan kotak saran, dan dimasukan
kedalam rekapan kelompok program Puskesmas Sukamandar
6. Koordinator
pelaksana program menandatangani tanda terima penyerahan dari koordinator
admen,
7.
Koordinator
program dan seluruh anggota pemegang program membahas hasil rekapan koordinator
harapan program Puskesmas
8. Koordinator
program membuat rencana tindak lanjut hasil pembahasan harapan pelanggan,
9. Koordinator
program membagi tugas kepada pelaksana program didalam menyelesaikan
permasalahan harapan pelanggan,
10. Pelaksana program melaksanakan
kegiatan sesuai dengan pembagian tugas yang telah diterima dengan mencatat pada
buku kegiatan individu,
11. Koordinator program melapor kepada
kepala Puskesmas Sukamandar tentang hasil bahasan harapan program Puskesmas
12. Kepala Puskesmas Sukamandar meneliti
dan memberi umpan balik atas laporan koordinator program Puskesmas Sukamandar.
B.
Informasi
langsung dari pelanggan.
1. Koordinator
program, penanggungjawab program dan pelaksana program menerima informasi
harapan program baik bicara langsung, telpon maupun SMS, dari masyarakat/ dari
karyawan Puskesmas Sukamandar,
2. Informasi
dari pelanggan direkap kedalam rekapan harapan pelanggan setiap pelaksana
program,
3. Pelaksana
program menyerahkan informasi harapan pelanggan individu ke penanggungjawab
program,
4.
Pelaksana
program menandatangani serah terima informasi harapan pelanggan individu,
5. Penanggungjawab
program menyerahkan rekapan informasi harapan pelanggan kepada Koordinator
program dan direkap kedalam rekapan koordinator,
6.
Koordinator
program menandatangani serah terima harapan pelanggan individu,
7. Koordinator
program dan seluruh anggota pemegang program membahas hasil rekapan koordinator
harapan program Puskesmas
8. Koordinator
program membuat rencana tindak lanjut hasil pembahasan harapan pelanggan,
9.
Koordinator
program membagi tugas kepada pelaksana program didalam menyelesaikan
permasalahan harapan pelanggan,
10. Pelaksana program melaksanakan
kegiatan sesuai dengan pembagian tugas yang telah diterima dengan mencatat pada
buku kegiatan individu,
11. Koordinator program melapor kepada
kepala Puskesmas Sukamandar tentang hasil bahasan harapan program Puskesmas
12. Kepala Puskesmas Sukamandar meneliti
dan memberi umpan balik atas laporan koordinator program Puskesmas Sukamandar.
C. Pengumpulan informasi melalui Survey
1.
Pelaksana
program menyiapkan kuesioner :
a.
Kuesioner dengan pertanyaan tertutup
b. Kuesioner dengan
pertanyaan terbuka mengenai kebutuhan dan harapan program Puskesmas
2.
Pelaksana
program menentukan besarnya sampel
3.
Pelaksana
program menentukan metode pengambilan sampel dengan cara cross
sectional, secara acak
4.
Pelaksana
program menentukan jadwal dan waktu survei
5.
Pelaksana
program melakukan survei sesuai jadwal
6. Survei dilakukan kepada sasaran program, dengan
petugas survei berada didekatnya. Petugas meminta pelanggan mengisi
kuesioner, bila ada pertanyaan kuisioner yang kurang jelas bisa ditanyakan kepada petugas survei
7.
Pelaksana
program mengecek isian kuisioner apabila belum lengkap meminta pelanggan untuk
melengkapi.
8. Pelaksana
program melakukan analisis hasil survei dan melaporkan kepada penanggungjawab program dan
koordinator program
9. Koordinator program, penanggungjawab program dan pelaksana program
membahas hasil survey tentang harapan program Puskesmas
10.
Koordinator program membagi tugas kepada pelaksana program didalam
menyelesaikan permasalahan harapan pelanggan,
11.
Pelaksana program melaksanakan kegiatan sesuai dengan pembagian tugas yang telah
diterima dengan mencatat pada buku kegiatan individu,
12.
Koordinator program melapor kepada kepala Puskesmas Sukamandar tentang
hasil bahasan harapan program Puskesmas
13.
Kepala Puskesmas Sukamandar meneliti dan memberi umpan balik atas laporan
koordinator program Puskesmas Sukamandar
D.
Pengumpulan informasi melalui Musyawarah Masyarakat
1. Petugas menjelaskan maksud dan tujuan
pertemuan
2. Petugas mendampingi masyarakat untuk
:
a. mengidentifikasi permasalahan
kesehatan di masyarakat
b. mengidentifikasi potensi masyarakat
c. membahas dan melengkapi urutan
prioritas masalah
d. membahas dan melengkapi potensi
penyelesaian masalah
e. merumuskan cara penanggulangan
masalah sesuai potensi
f. menetapkan rencana kegiatan
penanggulangan masalah
3. Petugas mencatat hasil musyawarah dan
melaporkan ke Penanggungjawab program dan koordinator program,
4. Koordinator program, penanggungjawab
program dan pelaksana program membahas hasil musyawarah masyarakat tentang
harapan program Puskesmas
5. Koordinator program membagi tugas
kepada pelaksana program didalam menyelesaikan permasalahan harapan pelanggan,
6. Pelaksana program melaksanakan
kegiatan sesuai dengan pembagian tugas yang telah diterima dengan mencatat pada
buku kegiatan individu,
7. Koordinator program melapor kepada
kepala Puskesmas Sukamandar tentang hasil bahasan harapan program Puskesmas
8. Kepala Puskesmas Sukamandar meneliti
dan memberi umpan balik atas laporan koordinator program Puskesmas Sukamandar.
V.
CARA
MELAKSANAKAN KEGIATAN
1. Kotak Saran
2. Survey kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap
program
3. Secara
Langsung : tatap muka, sms, telepon
4. Musyawarah
Masyarakat
VI.
SASARAN
Sasaran dari kegiatan ini adalah
masyarakat wilayah Puskesmas Sukamandar yang menjadi sasaran program
VII.
JADWAL
PELAKSANAAN KEGIATAN
Kegiatan Identifikasi
Kebutuhan dan harapan pelanggan dilakukan 1 tahun sekali
|
Pengumpulan data kebutuhan dan harapan
program
|
Pembahasan oleh tim program
|
Tindak lanjut
|
|
Kotak saran
|
Sepanjang
Tahun
|
Desember
|
Januari
|
|
Informasi
langsung
|
Sepanjang
Tahun
|
Desember
|
Januari
|
|
Survey
|
November
|
Desember
|
Januari
|
|
Musyawarah
Masyarakat
|
November
|
Desember
|
Januari
|
VIII.
EVALUASI
PELAKSANAAN KEGIATAN DAN PELAPORAN
Evaluasi dan pelaporan dilakukan
setiap 1 tahun apakah pelaksanaan kegiatan sesuai jadwal
IX.
PENCATATAN,
PELAPORAN DAN EVALUASI KEGIATAN
1. Pencatatan : Hasil identifikasi dicatat dalam buku rekapan hasil identifikasi kebutuhan dan
harapan masyarakat terhadap program
2.
Pelaporan : dilakukan
tim program 1 tahun
sekali kepada kepala Puskesmas
3.
Evaluasi : kegiatan dilakukan dilakukan 1
tahun sekali oleh Kepala Puskesmas
0 Response to "Referensi Kerangka Acuan Identifikasi Kebutuhan Dan Harapan Masyarakat Terhadap Program Puskesmas"
Post a Comment