Siapa seharusnya yang wajib menyusun Manual Mutu?

Di sebagian Puskesmas mungkin masih salah persepsi dengan pembuatan manual mutu, dimana yang membua adalah orang admen, namun ternyata hal ini sangat salah besar. Karena jika manual mutu hanya diciptakan orang admen yang notabene adalah orang kebanyakan bendahara, SE, dll maka jadinya tidak akan maksimal. Padahal manual mutu adalah kunci dari akreditasi. Bagaimana tidak tanpa manual mutu maka sang surveyor tidak akan bisa menilai dan bisa jadi hasilnya akan jeblok di Admen. Karena kita tau nilai di BAB 1, 2 dan 3 sangatlah tinggi.


menyusun manual mutu puskesmas oleh tim mutu
Maka disini kita haruslah sadar bahwa sebelum anda menciptakan yang lain maka manual mutu harus disusun oleh TIM MUTU, Ketua tim mutu harus bergerak cepat dan menyusun strategi dengan para anggota tim mutu dalam rangka penyusunan manual mutu. Sebaiknya anda jangan asal dalam menyusun manual mutu karena jika anda hanya mendownload dari internet maka hasilnya akan kurang bagus. DI tahun 2015 saja sudah keluar buku pedoman lagi mengenai penyusunan dokumen terbaru termasuk dengan manual mutu. 
Kerangka penysusunan juga sudah sedikit berbeda. Yang terbaik adalah manual mutu dibuat oleh tim mutu yang berisi dari admen, UKP dan UKM, disinilah bisa menghasilkan manual mutu yang bagus dan maksimal. Karena di manual mutu bukan hanya berisi tentang manajemen keuangan melainkan juga manajemen program, tata graha, pelayanan dll. Bagi Puskesmas yang masih mengandalkan manual mutu buatan admen maka sebaiknya di teliti kembali agar hasilnya bisa maksimal kembali. Sedikit share semoga bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "Siapa seharusnya yang wajib menyusun Manual Mutu?"

Post a Comment